Sabtu, 21 November 2009

KEMAJUAN IPTEK PERMUDAH APLIKASI ILMU AGAMA

Oleh: Musyarrofah, XII IPS 1

Pesatnya perkembangan IPTEK sangat memudahkan manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Termasuk dalam hal ini kemudahan dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan formal.
Sebagai contoh, dengan memanfaatkan audio visual sebagai salah satu produk kemajuan IPTEK, para siswa dapat dengan mudah memahami berbagai materi yang disampaikan oleh guru mereka.
Tak hanya materi umum yang sangat terbantu dengan adanya berbagai kemajuan IPTEK, materi agama pun dapat dngan mudah diakses melalui alat tekhnologi. Semisal, aplikasi zakat yang kini mulai dipraktekkan di MA 1 Anuqayah Putri, salah satu lembaga berbasis . Dengan hanya mengaktifkan program khusus di komputer dan melengkapi data yang diminta, para siswa dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh mereka.
Di satu sisi, program tersebut memang sangat membantu para siswa dalam memahami ilmu fiqih khususnya bab zakat. Namun, di sisi lain hal ini dapat menyebabkan siswa malas mempelajai teori zakat yang terdapat dalam kitab, karena tanpa memahai teori zakat pun mereka dapat dengan mudah megetahui jumah zakat yang harus dikeluarkan dengan benar. Padahal, tidak selamanya meraka dapat mengakses komputer.
Untuk mengantispasi kemugkinan tersebut, guru materi fiqih tetap menjelaskan teori-teori zakat hingga para siswa benar-benar paham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar