Jumat, 25 Desember 2009

Tingkatkan Mutu Pendidikan dengan MGMP


Kamis (24/12/2009), sekitar jam sebelas siang tampak beberapa guru memasuki ruang Aula MA 1 Annuqayah Putri. Mereka akan menghadiri MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) yang telah dilaksanakan sejak hari Sabtu (19/12/2009). Kegiatan yang diikuti oleh semua guru MA 1 Annuqayah Putri itu bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, melalui peningkatan kualitas guru sesuai dengan indikator profesionalisme guru.
Agenda yang akan dibahas dalam kegiatan itu antara lain, RTL (Rencana Tindak Lanjut) MGMP tahun pelajaran 2008-2009, KKM dan kisi-kisi soal-soal mata pelajaran tahun pelajaran 2009-2010. Untuk mempermudah dan memaksimalkan pelaksanaannya setiap materi diklasifikasi sesuai rumpun mapel dan dibentuk koordinator. Dan untuk kegiatan selanjutnya kegiatan tersebut dikoordinir oleh koordinator mapel sesuai dengan agenda kerja yang telah disepakati oleh kelompoknya.
Menurut Bapak Afif Ready, Wakamad. Bagian Kurikulum, selama pelaksanaan MGMP untuk materi umum tidak begitu banyak kendala, namun untuk materi lokal para guru merasa kesulitan karena tidak adanya standar kompetinsi dalam kitab yang dijadikan referensi utama.
Sebenarnya kegiatan MGMP tersebut merupakan lanjutan dari MGMP tahun pelajaran 2008-2009. Dan salah satu hasil MGMP pada tahun itu yang telah berhasil dilaksanakan adalah pembuatan LKS masing-masing mapel, dan bahkan salah satu LKS yang berhasil diterbitkan tidak hanya digunakan di MA 1 Annuqayah Putri namun juga di MA Miftahul Ulum, Pamekasan.
Kegiatan yang merupakan program Wakamad. Bagian Kurikulum itu dilaksanakan selama enam hari (19-24/12/2009) dan akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Lokakarya Perangkat Pembelajaran selama dua hari. Sedangkan dana untuk kegiatan tersebut sepenuhnya didukung oleh Sampoerna Foundation. (Va_Posting-erblog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar