Senin, 22 Februari 2010

Menjelang Empat Minggu UN: Siswa Rayakan Santai Bersama

“UN hampir, gimana persiapannya?”
“Duuh.. Ibu, gak siap buu….”
“Iya Pak, doakan lulus saja kami pasti belajar Pak!.......”
Memasuki semester dua teman-teman kelas XII MA1API kembali diguncangkan dengan persiapan pra-UN. Apalagi para dewan guru kembali memberikan peringatan-peringatan yang sepertinya menjelma menjadi “ultimatum perang” dalam dunia pendidikan. Alhasil, gencatan saja ala UN segera dipersiapkan dengan mengadakan latihan-latihan selama tujuh minggu kedepan bagi siswa yang kita kenal dengan BimSus (Bimbingan Khusus) dan rapat penyusunan taktik para dewan guru pemegang materi yang akan diUN-kan (bahasanya nyeremin!). Rencananya, bimbingan belajar ini akan dibimbing langsung oleh guru mapel sendiri plus dari tiga angkatan (X, XI, XII). Hal tersebut diungkapkan Ustadz Afif Riyadi, Wakamad. Bag. Kurikulum dan Pengajaran dengan tujuan agar siswa bisa memahami dan sedikit banyak menguasai terhadap materi yang akan diujikan dengan mengacu pada SKL (Standar Kelulusan).
Tanpa terasa, UN hanya tinggal menghitung minggu (yang menghitung bulan jangan protes!). Itu agendanya kenyataannya, teman-teman kelas akhir terlihat santai dan seperti tidak akan terjadi apa-apa beberapa minggu kedepan padahal mayoritas siswa mengaku sangat takut dengan adanya UN (jadi momok nih). Pemandangan ironis tersebut diakui oleh salah satu siswa kelas XII IPS –tidak mau disebutkan namanya
Kayaknya sejarah UN yang seram tidak berlaku tuh sama teman-teman”. “Gak tau kenapa aku merasa UN masih lama padahal tinggal hitungan minggu!” akunya pada reporter Klik. Demikian juga dengan Ustad Afif, beliau menyatakan kekegelisahannya kepada para siswa akan keberhasilan kelas XII membuat rekor “tersantai” menyambut pra UN. Sedemikiankah?! (ar/y2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar