Selasa, 15 Desember 2009

Rencana MANTAP, Pilihan TEPAT

oleh: Isnaini, XII IPS 1

UAN(Ujian Akhir Nasional) merupakan salah satu syarat kelulusan siswa dalam menyelesaikan proses belajar namun apa saja rencana mereka setelah lulus?
Tidak sedikit dari siswa MA 1 A Pi sudah mempersiapkan jauh-jauh hari untuk melanjutkan ke perguruan tinggi mana dan fakultas apa yang mereka inginkan. Namun banyak juga yang ingin memperdalam pengetahuan agamanya dengan belajar di pesantren salafiyah. Dari berbagai rencana tersebut, seharusnya kita bisa berkonsultasi pada orang tua kita dengan cara mengutarakan keinginan kita, agar tidak menyesal di kemudian hari, sebagaimana anjuran nabi “Bermusyawarah lah dalam segala hal.”
Selain itu, jika memang kita ditakdirkan untuk tidak melanjutkan pendidikan kita, misalnya ekonomi keluarga yang pas-pasan, kita tidak usah bersedih karena ilmu tidak hanya didapat di bangku kuliah saja. Kita harus mempunyai cara untuk membantu orang tua kita, gali bakat maupun keterampilan yang ada dalam diri kita dan kita bisa mengembangkannya. Tidak usah malu dengan apa yang kita punya karena itu merupakan kekayaan yang kita punya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar